Minggu, 07 Juni 2009

Membuat Film itu mudah ga sih??


Mungkin memang pertanyaan itu yang akan muncul di benak kita, para pencinta film yang masih awam banget dengan dunia produksi film. Tapi membuat film memang tidak hanya sekedar mengambil gambar adegan lalu menyusunnya menjadi sebuah cerita, ada proses panjang dan mungkin rumit yang harus kita lalui. Tapi menyenangkan kok…!!

Belajar dari pengalamanku kemarin saat memproduksi film pendek dengan teman-teman komunitas film di kampus, membuatku sedikit banyak bisa menceritakan suka dan duka proses pembuatan film.

Diawali dengan pra produksi yang akan sedikit ribet, karena sebenarnya disinilah proses penting yang harus dilakukan saat produksi dipersiapkan. Mulai dari penentuan ide cerita, konsep film, pembentukan crew, penulisan skenario dan pengembangannya, mencari lokasi (manajer lokasi neh yang paling sibuk), bikin story board (ne biasanya DOP & story boardernya yang bikin), pengadaan alat produksi (hehehe..ini mungkin cuma dilakukan oleh tim produksi film yang belum punya alat-alat lengkap untuk memproduksi film), casting & reading talent (yang dibuat pusing divisi penyutradaraan tuh!!), sampai mengurus secara detail semua keperluan syuting (kalo bagian ini semua divisi bakalan pada sibuk nih..!!). Dan dipastikan saat pra produksi para crew akan sering ngadain rapat, tiada hari tanpa rapat produksi (curhat ne yee!!)….Karena bisa dibilang pra produksi ini yang akan sangat menentukan sukses tidaknya proses produksi film dilapangan nanti. Semakin matang persiapan produksi yang dilakukan, maka akan semakin mempermudah jalannya produksi film.

Setelah berkutat dengan kesibukan pra produksi yang waktu itu berlangsung hampir 1 bulan, akhirnya hari-hari syuting produksi film sudah ada di depan mata dan tinggal bagaimana kita menjalaninya saja. Harapan awal yang sangat diharapkan pastinya adalah kelancaran proses syuting film nantinya.

Mengikuti jadwal syuting yang sudah ditentukan akhirnya kita akan melewati scene per scene dari skenario film untuk di produksi. Butuh kerajasama tim yang sangat kompak dari setiap bagian crew dari film ini, karena apapun yang tidak pernah kita bayangkan saat pra produksi bisa saja terjadi. Sedikit saja terjadi miscommunication bisa dijamin akan terjadi pertarungan sengit antar crew di lokasi syuting nantinya. Entah itu hanya perang dingin, perang mulut, bahkan bisa sampe fisik juga loh..kalau saja diantara crew ada yang gak bisa ngontrol diri (untung saja itu tidak terjadi di produksi film-ku kemarin).

Saat produksi film, kita wajib tuh ngadain evaluasi tiap selesai syuting hari itu..coz disinilah tempat kita sebagai crew film bisa dapat kritik dan saran dari teman-teman sesama crew yang pastinya itu yang akan bikin kita belajar banyak.
Kesalahan kecil ataupun besar yang kita lakuin saat syuting bisa dapat jalan keluar yang terbaik saat kita mau berbagi dengan sesema crew film. Dan proses ini akan dan harus terus berlangsung sampai proses produksi film selesai secara keseluruhan (jadi ga’ akan ada salah paham antar crew cuma karena evaluasi ditunda atau ga’ di adain).
Nah itu aja dulu deh tentang produksi film, sekarang kita beranjak ke tahap pasca produksi film.

Tahapan pasca produksi ada proses editing, di proses inilah gambar-gambar yang sudah diambil saat produksi di olah menjadi sebuah film seperti yang diharapkan. Di tahap ini yang paling sibuk para editor nih, mulai dari editing offline sampai editing online. Tapi tentu saja sutradara masih ikut andil banyak dip roses ini, karena cuma sutradara yang bisa menetukan film akan jadi seperti apa? dan mau di edit seperti apa? Editor hanya tinggal mengikuti apa maunya sang sutradara.
Setelah melalui proses editing yang juga lumayan panjang, akhirnya jadi deh filmnya..!!.
(tahapan ini aku tidak terlalu banyak berkecimpung di dalamnya, jadi kurang tahu banyak tentang proses editing lebih detailnya..hehehe)

2 komentar:

  1. wah dil kok jadi inget pas bikin film kemaren ye?
    jadi pengen bikin lagi neh, btw nggak bahas tentang operator jenset?

    BalasHapus
  2. sbenarnya sich,menurutku nih
    tinggal gmn kreatifitas kita beradu
    hehehehe

    BalasHapus